23 July 2017

Sejarah Lengkap Masjidil Aqsa

Masjid Aqsa adalah bangunan rumah ibadah terpenting ketiga bagi umat muslim setelah Masjidil Haram di Mekah dan Masjid Nabawi di Madinah. Masjid ini adalah kiblat pertama bagi muslim melaksanakan shalat sebelum akhirnya pindah ke Ka’bah di Mekah. Masjid Aqsa tercatat dalam Alquran sebagai masjid tempat Rasulullah Muhammad SAW naik ke langit untuk menerima perintah shalat dari Allah dalam peristiwa Isra Mi'raj. Masjid yang berdiri di Palestina itu memang bukan masjid yang asli. Pasalnya, Masjid Aqsa yang asli telah rata dengan tanah akibat gempa bumi yang mengguncang Jazirah Arab pada pertengahan abad ke-6.

Setelah hancur akibat gempa Masjid Aqsa kembali dibangun oleh Khalifah Al-Walid (705-715) dari dinasti Umayyah. Dan direstorasi oleh dinasti Abbasiyah pada penghujung abad yang sama. Dalam pembangunan itu, Isra Mi'raj sangat mempengaruhi arsitektur masjid. Kini Masjid Aqsa sangat indah dan dua kali lebih luas dari ukuran semula. Bukan hanya untuk umat Islam, daerah sekitar Masjid Aqsa juga sangat penting bagi umat Yahudi dan Kristen.

Dalam berbagai renovasi berkala yang dilakukan, berbagai dinasti kekhalifahan Islam telah melakukan penambahan terhadap masjid dan kawasan sekitarnya, antara lain pada bagian kubah, fasad, mimbar, menara, dan interior bangunan. Ketika Tentara Salib menaklukkan Yerusalem pada tahun 1099, mereka menggunakan masjid ini sebagai istana dan gereja, namun fungsi masjid dikembalikan seperti semula setelah Shalahuddin merebut kembali kota itu. Saat ini, Kota Lama Yerusalem, dimana Masjid ini berada, di bawah pengawasan Israel, tetapi masjid ini tetap berada di bawah perwalian lembaga wakaf Islam pimpinan orang Palestina. Semua warganegara Israel yang muslim diperbolehkan untuk masuk dan beribadah di Masjid Al-Aqsa, Israel pada waktu-waktu tertentu menetapkan pembatasan ketat akses masuk ke masjid untuk orang Yahudi, muslim Palestina yang tinggal di Tepi Barat atau Jalur Gaza.


Pemerintah Israel juga memberikan pembatasan berdasarkan usia untuk warga Palestina dan warganegara Israel keturunan Arab, seperti memberi izin masuk hanya untuk pria yang telah menikah dan setidaknya berusia 40 atau 50 tahun. Wanita Arab kadangkadang juga dibatasi sehubungan dengan status perkawinan dan usia mereka. Alasan Israel untuk pembatasan tersebut adalah bahwa pria Palestina yang berusia tua dan telah menikah cenderung "tidak menyebabkan masalah", paling tidak secara keamanan mereka lebih tidak beresiko.

Kubah Batu (Kubah Emas)

Sebenarnya pijakan Nabi ketika naik menuju langit dalam peristiwa Isra Mi’raj tersebut tidaklah persis berada di lokasi Masjid Aqsa, namun masih berada di wilayah kompleks bangunan Masjid Aqsa. Lokasi batu yang dijadikan pijakan Nabi menuju langit sudah dibangun masjid yang disebut dengan masjid Kubah Batu (Dome of the Rock). Seringkali orang salah paham atau mengira masjid Kubah Batu ini lah yang disebut Masjid Aqsa. Karena memang masjid Kubah Batu tersebut adalah sebuah bangunan yang megah dan mencolok. Uang sebanyak 10,000 dinar emas dilebur untuk melapisi bagian luar kubah tersebut. Dan entah mengapa banyak media massa yang juga salah dalam menunjukkan masjid Aqsa yang sebenarnya, coba saja Anda googling picture dengan kata kunci Masjidil Aqsa, justru Kubah Batu malah  yang banyak memenuhi halaman tersebut.

Sejak lama batu tersebut telah memperoleh penghormatan dari kaum muslimin. Bahkan konon ceritanya, Khalifah Umar bin Khathab juga mengunjungi batu ini setelah ia menundukkan Yerusalem.
Adanya bangunan berkubah emas yang berada di tempat tinggi dan berkilauan memberikan  kebanggaan tersendiri bagi kaum muslimin. Hal ini pun makin menambah rasa kepemilikan dan penghormatan atas wilayah suci yang pernah menjadi kiblat pertama kaum muslimin ini. Tidak mengherankan jika kemudian Masjid Kubah Emas ini menjadi simbol dari wilayah suci Al Quds dan bahkan Palestina secara umum.

No comments:

Post a Comment

Cara mengetahui Android Kamu sudah di Root atau belum

Artikel ini akan membahas bagaimana cara mengetahui Android kamu sudah Root atau belum . Root merupakan media Eksperimen untuk hal-hal bar...