11 July 2017

Analisa Hacker Anonymous Kasus Chat Habib Rizieq Oleh Pakar Telematika

Menyikapi Kasus Menggemparkan yang menimpa Imam Besar FPI saya merasa perlu membuka tabir dengan sudut pandang sederhana agar dapat dimengerti.

Anonymous
Kasus ini berawal dari Unggahan Video oleh Anonymous lalu tersebar tanpa kontrol ke semua media. Siapakah Anonymous? Dilansir Wikipedia Anonymous adalah kelompok Aktivis atau "Hacktivis" yang dibentuk pada tahun 2003. Para anggotanya dapat dibedakan di depan publik dengan mengenakan topeng Guy Fawkes atau yang biasa dikenal V for Vendetta. Pada tahun 2011, Majalah Time memasukkan nama "Anonymous" sebagai salah satu orang paling berpengaruh di dunia.
Lalu banyak kelompok Hacker yang menamakan dirinya Hacker Anonymous yang bertanggungkawab dalam sejumlah serangan hacker di seluruh belahan dunia.

Lalu benarkah Hacker Anonymous berhasil membobol Akun Whatsapp Firza Husein dan Habib Riziq?
Chat yang tersebar ini menampilkan Komunikasi satu arah, itu artinya ini adalah tampilan Handphone milik Firza Husein dan bukan milik Habib Rizieq.
Satu hal yang harus dikesampingkan adalah, hacker Anonymous tidak membobol Server Whatsapp atau Provider Telekomunikasi Seluler Indonesia.
Lalu bagaimana Hacker Anonymous mendapatkan chat Whatsapp ini?

Kemungkinan pertama, Handphone milik Firza di susupi aplikasi Keylogger atau semacam aplikasi mata-mata yang selalu mengirim data secara online ke hacker Anonymous. Kemungkinan kedua, Data Handphone milik Firza dicuri tanpa sepengetahuan Firza dengan kata lain Handphonenya tidak hilang namun hanya datanya yang pernah dicuri oleh orang lain. Namun ini hanya asumsi dan belakangan Firza Husein membantahnya.

Jadi, Anynomous hanyalah nama dan tidak ada sangkut pautnya dengan komunitas hacker anynomous Indonesia.

No comments:

Post a Comment

Cara mengetahui Android Kamu sudah di Root atau belum

Artikel ini akan membahas bagaimana cara mengetahui Android kamu sudah Root atau belum . Root merupakan media Eksperimen untuk hal-hal bar...