12 July 2017

Amankah Akun WhatsApp Anda, Ini Cara Mengamankannya

Bagaimana cara mengamankan akun WhatsApp dari para Hacker. WhatsApp adalah aplikasi populer yang digunakan jutaaan orang di seluruh dunia. Aplikasi yang telah di Akuisisi Facebook ini banyak direkomendasikan karena fasilitasnya yang terus diperbaharui serta fitur unggulannya adalah Nomor Handphone sebagai Identitas. 


Kali ini saya akan membahas kerentanan Nomor Handphone sebagai ID User pengguna WhatsApp karena Hacker selalu akan mencari celah membobol Akun whatsApp dengan berbagai trik yang selalu berubah-ubah.
Berikut Bagaimana cara mengamankan WhatsApp dari Hacker.

1) Jangan berbagi SMS

WhatsApp saat ini bukan hanya dapat dibuka melalui Android, namun WhatsApp saat ini bisa dibuka dan digunakan melalui Web Browser melalui Laptop atau PC. Namun, saat login WhatsApp membutuhkan Kode Verifikasi SMS yang dikirimkan ke Nomor Handphone.
Jika seseorang memintamu untuk berbagi SMS dengan alasan apapun jangan katakan dan bagikan agar tahapan login ke Web tidak bisa masuk.

2) Panggilan WhatsApp

Seorang Hacker akan dengan mudah Meng-Hack akunmu hanya dengan sebuah panggilan Suara atau Video. Hacker hanya butuh 15 detik untuk melakukannya, namun kasus ini jarang ditemukan di Indonesia, namun ada baiknya batasi panggilan hanya dengan kontak yang ditambahkan saja.

3) Nomor IMEI

Beberapa waktu lalu sebuah situs mampu menduplikat nomor IMEI lalu membuat duplikat kartu sehingga hacker dengan leluasa menggunakan nomor Handphone Anda.
Aplikasi di Android tidak sepenuhnya aman, beberapa aplikasi meminta izin mengakses Photo, Lokasi, SMS bahkan panggilan suara tanpa alasa jelas. Sebaiknya baca persyaratan mengunduh aplikasi jika ingin datamu selamat, jangan unduh aplikasi yang meminta izin berlebihan. Ada baiknya pisahkan nomor Handphone pribadi dan Android.

4) Hindari Menggunakan Wi-fi yang kurang Aman

Wi-fi adalah transimisi data yang sangat mudah untuk di bobol Hacker. Man in Middel Attack adalah salah satu trik yang digunakan Hacker dengan menganalisa data yang melintas. Walau data yang lewat adalah terenkripsi hacker punya banyak cara untuk mendekripsi atau menjebak user mengarah ke website tertentu untuk menginstal program atau melakukan teknik Phising.

5) Jangan Instal Aplikasi Android dengan Sumber Tidak Diketahui

Pertumbuhan Aplikasi berbasis Android sangat cepat, begitu juga Hacker terus berinovasi membuat Aplikasi mata-mata, Aplikasi Spam untuk klik Iklan dan Aplikasi Hacker lainnya yang tidak resmi berada di Play Store. Jadi jangan download aplikasi Android jika sumbernya tidak diketahui.

Sampai disini, jangan lupa tinggalkan komentarnya dan bagikan artikel ini, Semoga bermanfaat.


No comments:

Post a Comment

Cara mengetahui Android Kamu sudah di Root atau belum

Artikel ini akan membahas bagaimana cara mengetahui Android kamu sudah Root atau belum . Root merupakan media Eksperimen untuk hal-hal bar...