28 June 2017

Heboh Petya, Varian Terbaru Ransomware yang lebih berbahaya dari Wannacry

Varian Terbaru Petya Ransomware ini sangat berbahaya dibandingkan Ransomware Wannacry.

Meredupnya serangan Virus Ransomware Wannacry ternyata mempersiapkan varian terbaru bernama Petya. bagaimana tidak, Virus Ransomware Wannacry sudah menyerang berbagai negara di dunia dengan kerugian triliunan rupiah.
Kerugian bukan hanya materi namun Virus Wanancry ternyata merugikan data korbannya dengan menkripsi data dan meminta tebusan dengan uang virual Bitcoin senilai $300.

 Berbeda dengan Wannacry, Petya sudah memiliki kriptograpi yang baik dimana Virus Petya akan menyerang SMB V1 pada Windows dan akan mengenkripsi Mater File Table (MTF) pada Hardisk dan membuat Master Boot Record (MBR) tidak dapat berjalan dan membatasi akses ke sistem dan memanfaatkan informasi baik nama file, ukuran, dan lokasi file.

Petya menggantikan fungsi MBR dan menanamkan kode sehingga komputer korban tidak dapat melakukan Booting.

Jangan lakukan Tebusan
Jangan lakukan tebusan jika Virus Petya memintanya, karena email yang Petya gunakan sudah ditangguhkan. Posteo, Penyedia layanan Email di Jerman telah menangguhkan alamat email virus Petya dengan alamat wowsmith123456@posteo.net yang digunakan untuk melakukan komunikasi dengan korban untuk memberi kunci dekripsi file.
Pada saat tulisan ini dimuat, sudah ada 23 korban yang telah membayar dengan bitcoin ke '1Mz7153HMuxXTuR2R1t78mGSdzaAtNbBWX'  untuk mendekripsi file mereka dengan jumlah mencapai $6775

1 comment:

Cara mengetahui Android Kamu sudah di Root atau belum

Artikel ini akan membahas bagaimana cara mengetahui Android kamu sudah Root atau belum . Root merupakan media Eksperimen untuk hal-hal bar...